PEMBERDAYAAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK: UPAYA OPTIMALISASI SEJAK DINI

PEMBERDAYAAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK: UPAYA OPTIMALISASI SEJAK DINI

Penulis

  • Rahmah Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti
  • Risa Mundari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti

Kata Kunci:

Anak Pra Sekolah, KPSP, Stimulasi, Perkembangan, Pertumbuhan

Abstrak

Tingginya angka stunting dan masalah perkembangan anak seperti terlambatnya perkembangan kognitif, telat bicara, tidak percaya diri, tidak mandiri di Sekolah dan penyimpangan perkembangan lainnya yang saat ini menjadi fenomena kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, prevelensi stunting nasional mencapai 21,5% pada tahun 2023 dan berbagai gangguan perkembangan lainnya turut berdampak pada kemampuan belajar serta kesehatan jangka panjang anak. Melihat kondisi ini, pemerintah bersama tenaga kesehatan berupaya mengatasi permasalahan ini dengan melibatkan peran orang tua sebagai pendamping utama pertumbuhan anak. Salah satu faktor yang dapat yang berperan untuk dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah Orang Tua. Orang tua perlu mengoptimalkan pengetahuannya tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, memahami kapan dilakukan pemeriksaan dan bagaimana cara memberikan stimulasi sesuai usia anak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan orang tua tentang tumbuh kembang anak sedini mungkin, sehingga tercapai pertumbuhan dan perkembangan yang ideal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan tanya jawab untuk penyuluhan serta interaksi langsung berupa pemeriksaan tinggi badan (TB), berat badan (BB), dan perkembangan anak menggunakan formulir KPSP. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan orang tua rata-rata sebesar 27,5%. Evaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan juga menunjukkan hasil yang positif yaitu 100% berstatus gizi baik dan 18% perkembangan sesuai usia, namun 15% kategori perkembangan meragukan yang dijadwalkan skrining ulang 2 minggu lagi. Kegiatan PKM sejenis diharapkan dapat dilakukan secara rutin guna memastikan pengetahuan orang tua terus berkembang dan permasalahan stunting serta gangguan perkembangan anak dapat diatasi sejak dini.

Referensi

Pangestuti, F. (2015). PERBEDAN PENGETAHUAN IBU SEBELUM DIBERI PENYULUHAN DAN SETELAH DIBERI PENYULUHAN TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-3 TAHUN (Di Posyandu 5 Kelurahan Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar). Jurnal Kebidanan Dharma Husada, 4(2), 69–80.

Defera, W., Ponda, A., & Merry, Y. A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Kelurahan Lubuk Buaya Padang Tahun 2019. Jurnal Sehat Mandiri, 16(2), 33–45. https://doi.org/10.33761/jsm.v16i2.353

Deki, P. (2016). Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days. Advanced Practices in Nursing, 01(01), 1–4. https://doi.org/10.4172/2573-0347.1000101

Endarwati, S., & Darmayanti, R. (2022). Hubungan Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun di Posyandu Flamboyan 3 KEL. Campurejo Kota Kederi. Maieftiki Journals, 2(1), 164–167.

Fatimah, L. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R . A Darussalam Desa Sumber Mulyo , Jogoroto , Jombang Relationships of Parenting Parents with Growing Child in RA Darussalam , Sumber Mulyo Village , Jogoroto , Jombang. Prosiding Seminas, 1(2).

Hinderayani, N., Ariani, M., & Basit, M. (2023). Peran Orang Tua Menstimulasi Perkembangan Anak Dengan Status Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun Di Poli Anak Rsud Pambalah Batung. Journal of Nursing Invention, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.33859/jni.v4i1.292

Huru, M. M., Mamoh, K., & Mangi, J. L. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orangtua Tentang Stimulasi Perkembangan Dengan Perkembangan Anak Prasekolah. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 14(1). https://doi.org/10.36729/bi.v14i1.902

Kania, N. (2006). UNTUK Oleh : dr . Nia Kania , SpA ., MKes. 1–10.

Lestari, T. R. . (2023). Stunting Di Indonesia: Akar Masalah dan Solusinya. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XV(14), 21–25.

Permatasari, I., Tonyka Maharani, F., & Nurdiantami, Y. (2022). Analisis Stimulasi Pertumbuhan Pada Anak Usia Early Chilhood Menggunakan Aplikasi Sdidtk. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(1), 34–41. https://doi.org/10.32539/jks.v9i1.143

Ramadia, A., Sundari, W., & Permanasari, I. (2021). Pengetahuan Orangtua Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Berhubungan dengan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Todler. JKJ: Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), 1–10.

Rizka, S. L., Sari, Y. N. E., & Suhartin. (2023). Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Penelitian Perawat Indonesia, 5(November), 1427–1432.

Sri, Y. (2019). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, III(1), 121–130.

Yuniarti, S., & Andriyani, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 103–111. http://lppm.unjani.ac.id/wp-content/uploads/2018/10/103-111-Sri-Yuniarti-STIKES-A-Yani.pdf

Zukhra, M. R., & Amin, S. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 9–10.

Darmayanti, R., & Pangestuti, F. (2015). PERBEDAN PENGETAHUAN IBU SEBELUM DIBERI PENYULUHAN DAN SETELAH DIBERI PENYULUHAN TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-3 TAHUN (Di Posyandu 5 Kelurahan Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar). Jurnal Kebidanan Dharma Husada, 4(2), 69–80.

Defera, W., Ponda, A., & Merry, Y. A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Kelurahan Lubuk Buaya Padang Tahun 2019. Jurnal Sehat Mandiri, 16(2), 33–45. https://doi.org/10.33761/jsm.v16i2.353

Deki, P. (2016). Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days. Advanced Practices in Nursing, 01(01), 1–4. https://doi.org/10.4172/2573-0347.1000101

Endarwati, S., & Darmayanti, R. (2022). Hubungan Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun di Posyandu Flamboyan 3 KEL. Campurejo Kota Kederi. Maieftiki Journals, 2(1), 164–167.

Fatimah, L. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R . A Darussalam Desa Sumber Mulyo , Jogoroto , Jombang Relationships of Parenting Parents with Growing Child in RA Darussalam , Sumber Mulyo Village , Jogoroto , Jombang. Prosiding Seminas, 1(2).

Hinderayani, N., Ariani, M., & Basit, M. (2023). Peran Orang Tua Menstimulasi Perkembangan Anak Dengan Status Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun Di Poli Anak Rsud Pambalah Batung. Journal of Nursing Invention, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.33859/jni.v4i1.292

Huru, M. M., Mamoh, K., & Mangi, J. L. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orangtua Tentang Stimulasi Perkembangan Dengan Perkembangan Anak Prasekolah. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 14(1). https://doi.org/10.36729/bi.v14i1.902

Kania, N. (2006). UNTUK Oleh : dr . Nia Kania , SpA ., MKes. 1–10.

Lestari, T. R. . (2023). Stunting Di Indonesia: Akar Masalah dan Solusinya. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XV(14), 21–25.

Permatasari, I., Tonyka Maharani, F., & Nurdiantami, Y. (2022). Analisis Stimulasi Pertumbuhan Pada Anak Usia Early Chilhood Menggunakan Aplikasi Sdidtk. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(1), 34–41. https://doi.org/10.32539/jks.v9i1.143

Ramadia, A., Sundari, W., & Permanasari, I. (2021). Pengetahuan Orangtua Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Berhubungan dengan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Todler. JKJ: Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), 1–10.

Rizka, S. L., Sari, Y. N. E., & Suhartin. (2023). Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Penelitian Perawat Indonesia, 5(November), 1427–1432.

Sri, Y. (2019). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, III(1), 121–130.

Yuniarti, S., & Andriyani, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 103–111. http://lppm.unjani.ac.id/wp-content/uploads/2018/10/103-111-Sri-Yuniarti-STIKES-A-Yani.pdf

Zukhra, M. R., & Amin, S. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 9–10.

Unduhan

Diterbitkan

01/05/2025

Cara Mengutip

Fitria, R., & Mundari, R. (2025). PEMBERDAYAAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK: UPAYA OPTIMALISASI SEJAK DINI. Sahaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(1), 70–78. Diambil dari http://kiyotajournal.or.id/index.php/sahaya/article/view/29
Loading...