Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di TK Sari Asih Sumbawa Besar

Penulis

  • Antari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Yuliastuti STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Permatasari

Kata Kunci:

Tumbuh Kembang, Pra sekolah, KPSP

Abstrak

Pertumbuhan dan perkembangan anak secara fisik, mental, sosial, emosional dipengaruhi oleh gizi, kesehatan dan pendidikan. Penelitian longitudinal yang dilakukan oleh Bloom mengenai kecerdasan menunjukkan bahwa perkembangan kognitifnya mencapai sekitar 50% dalam kurun waktu empat tahun pertama usia anak, mencapai 80% dalam kurun waktu 8 tahun, dan mencapai 100% setelah anak berusia 18 tahun. Jumlah populasi anak prasekolah di Indonesia adalah sekitar 10% dari seluruh populasi, kualitas tumbuh kembang anak Prasekolah di Indonesia perlu mendapat perhatian serius karena merekalah calon generasi penerus bangsa, untuk itu anak perlu mendapat gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan berkualitas termasuk deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya dan mampu bersaing di era global. Peserta pada pengabdian ini adlah siswa kelas A dan B TK Sari Asih Sumbawa. Pelaksanaan dilaksanakan 1 hari. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan diketahui bahwa pelaskanaan program pengabdian kepada masyarakat terdiri dari beberapa langkah kegiatan yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian diketahui bahwa seluruh siswa memiliki perkembangan sesuai dengan usia.

Unduhan

Diterbitkan

07/31/2023

Cara Mengutip

Antari, G. Y., Yuliastuti, L. P. S., & Permatasari, G. (2023). Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di TK Sari Asih Sumbawa Besar. Sahaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin (J-SHY), 1(01). Diambil dari http://kiyotajournal.or.id/index.php/sahaya/article/view/1